RESOLUSI TAHUN BARU BAGI KELUARGA?

image

Sebagai sebuah keluarga, ada baiknya kita membuat resolusi tahun baru juga. Selain kita membutuhkan peningkatan dan perubahan, anak-anak kita juga belajar mengenai pentingnya membuat tujuan dan mendisiplinkan diri untuk mencapainya. Tidak perlu resolusi yang muluk-muluk, tetapi resolusi sederhana ini bisa menambah keceriaan keluarga Anda.

(1) TIDAK MENGANGKAT TELPON DAN GADGET SAAT MAKAN BERSAMA. Saya sering melihat sebuah keluarga makan bersama di restoran, tetapi sang bapak sedang bertelepon, ibu sibuk bbm, dan anak-anak bermain dengan gadget mereka. Walaupun sepertinya mereka berkumpul bersama, ini bukan waktu keluarga. Buat komitmen saat duduk di meja makan, semua gadget dan hp diistirahatkan.

(2) BERDOA BERSAMA. Ada pepatah, “Keluarga yang berdoa bersama akan tinggal bersama” (tidak berpisah/broken home). Berdoa meredam konflik keluarga, memberikan harapan saat keluarga dalam tantangan, menyatukan visi dan nilai-nilai dalam keluarga. Buat komitmen berdoa bersama paling tidak sehari sekali.

(3) CERITA SEBELUM TIDUR. Sebelum tidur, seluruh keluarga dapat berkumpul di kamar dan saling bercerita tentang kegiatan, teman, perasaan, hal menarik hari itu. Saat inilah anggota keluarga bisa saling curhat dan menjadi dekat, dan orang tua dapat menanamkan nilai tanpa terkesan menggurui.

(4) LUPAKAN HAL SEPELE DAN LEBIH BANYAK TERTAWA. Sebenarnya pertengkaran di antara anggota keluarga adalah tentang hal-hal sepele, lupa menaruh barang, terlalu lama menunggu dll. Buatlah resolusi untuk menguragi argumentasi, lebih bertoleransi dan ramah terhadap yang lain, serta lebih banyak tersenyum dan tertawa.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s